be you but cooler

be you but cooler
be you but cooler

Senin, 11 April 2016

Perbedaan Tinggi Badan Laki-laki dan Perempuan


Pertumbuhan (growth) adalah hal yang berhubungan dengan perubahan jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu yang dapat di ukur dengan ukuran berat (gram, pound, kilogram), ukuran panjang (cm, meter), umur tulang dan keseimbangan metabolic (retensi kalsium dan nitrogen tubuh). Jadi dapat disimpilkan bahwa pertumbuhan mempunyai dampak terhadap aspek fisik ( Soetjiningsih, 1995).  Dari teori tersebut, pertumbuhan bisa kita amati salah satunya adalah tinggi badan.
Tinggi badan beda padahal seumuran.. Hmmm
 


Dalam hal pertumbuhan fisik, biasanya laki-laki memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dari pada perempuan. Maka dari itu saya, mengamati perbedaan tinggi laki-laki dan perempuan yang datanya saya ambil secara random dari sekumpulan mahasiswa dan mahasiswi sebanyak 20 orang di sebuah universitas berinsial SM. 
Berikut adalah data sample nya :


Nama Jenis kelamin Tinggi badan
Amin Laki-laki 173
Bayu Laki-laki 175
Chandra Laki-laki 186
Dio Laki-laki 172
Hani Perempuan 166
Irene Perempuan 161
Jessica  Perempuan 163
Johan Laki-laki 182
Jun Laki-laki 173
Kris Laki-laki 190
Latif Laki-laki 177
Ode Laki-laki 178
Sehun Laki-laki 184
Sonya Perempuan 174
Sunny Perempuan 158
Tami Perempuan 162
Taufan Laki-laki 183
Tiffany  Perempuan 162
Yuna Perempuan 166
Yuri Perempuan 167



 
nah, tinggi laki-laki dan perempuan berbeda kan



Data tersebut kemudian saya olah menggunakan SPSS. SPSS adalah program komputer yang dipakai untuk analisis statistika, karena data yang saya butuhkan adalah rata-rata tinggi badan, tinggi badan terendah dan tinggi badan tertinggi.Maka dari itu, untuk mempermudah saya menggunakan aplikasi atau program berbentuk software pada komputer yang disebut SPSS ini. Dan hasilnya adalah sebagai berikut:


Hasil data ini menggunakan descriptive statistic pada spss

Dari hasil data yang diambil menunjukan, rata-rata tinggi nya sebesar 172,60 cm. Lalu untuk tinggi badan terendah 158 cm dan tinggi badan tertinggi 190cm

Lalu, apakah benar tinggi perempuan lebih rendah daripada laki-laki?

Hasil data menggunakan compare means pada spss untuk membandingkan dua variabel
Dari hasil data tersebut, rata-rata tinggi badan perempuan 164,33 cm dan rata-rata tinggi badan laki-laki 179,36 cm. Hal ini membuktikan bahwa tinggi badan perempuan memang lebih rendah dari laki-laki. 

Dari literatur yang saya baca pada http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/19883/4/Chapter%20II.pdf mengenai faktor yang mempengaruhi perbedaan tinggi badan ada

faktor internal dan faktor eksternal. Yang termasuk dalam faktor internal adalah genetik, obstetrik dan jenis kelamin, yang termasuk faktor eksternal adalah lingkungan, gizi, obat-obatan dan penyakit. 

Jadi, ternyata kecukupan gizi itu penting dengan disertai olahraga.. 


Untuk penggunaan SPSS lebih jelasnya lagi bisa dilihat di blog teman saya ini http://ghinarahmatullah.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar